Cara Mengontrol Gula Darah

Sabtu, 16 Februari 2019 | Habir ( Habbatussauda Ekstrak Bidara )
Cara Mengontrol Gula Darah

Gula Darah

Cara Mengontrol Gula Darah - Kadar gula darah yang tinggi adalah penyebab terjadinya Diabetes. Sedangkan diabetes sendiri adalah penyakit pembunuh nomor 3, sehingga perlu di waspadai.

Diabetes adalah penyakit kronis dimana kadar gula(glukosa) darah yang tinggi atau di atas nilai normal.

Cara Mengontrol Gula Darah 

1. Ambil langkah kecil untuk merencanakan pola makan sehat 

Sebagai pasien diabetes, mungkin Anda tahu betul bahwa memilih makanan sehat sudah menjadi bagian perawatan diabetes Anda. Awalnya mungkin akan terasa sulit karena harus mengubah kebiasaan makan. Lakukanlah secara bertahap, ubahlah kebiasaan makan yang paling mudah untuk Anda.

2. Jangan lewatkan sarapan, makan siang, atau makan malam

Jennifer Ventrelle, RD, CPT, seorang ahli diet di Rush University Medical Center di Chicagomenyarankan Anda untuk makan dengan jumlah karbohidrat yang sama dan pada waktu yang hampir bersamaan setiap hari. Menurut Jennifer Ventrelle, pasien diabetes akan lebih mudah mengontrol gula darah normal jika makanan dan jumlah gram karbohidrat yang mereka makan konsisten.

3. Perhatikan asupan karbohidrat

Karbohidrat merupakan nutrisi utama dalam makanan yang bisa meningkatkan glukosa darah (atau gula darah) setelah makan. Karbohidrat yang Anda makan tidak akan menaikkan gula darah Anda terlalu tinggi dan atau terlalu cepat jika Anda memiliki cukup insulin yang tersedia dan siap saat dibutuhkan.

4. Pilih makanan tinggi serat

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan dengan serat yang cukup bisa membuat Anda tetap sehat. Serat bisa membantu Anda tetap kenyang lebih lama, mengurangi lemak darah, membantu menurunkan gula darah, dan mengurangi resistensi insulin. Namun untuk mendapatkan manfaat ini, Anda harus konsisten mengonsumsi serat yang cukup.

5. Atasi stres

Beban pikiran berlebih atau stres bisa jadi pemicu berbagai penyakit, termasuk diabetes. Dengan kelebihan beban pekerjaan dan kurang rekreasi bisa menaikan kadar gula darah.

 6. Olahraga teratur

Dengan jalan santai atau yoga dan aerobik, biasakan tubuh berolahraga setidaknya 30 sampai 45 menit setiap hari. Lakukan olahraga yang berkaitan dengan daya tahan seperti mendorong, menarik, mengangkat, dua atau tiga kali dalam seminggu.

Manfaat Olahraga 

  • Menurunkan kadar gula darah dan menjaga kadar gula darah normal.
  • Membantu tubuh Anda menjadi lebih peka terhadap insulin.
  • Mengurangi kolesterol total dan trigliserida, serta meningkatkan kolesterol HDL ‘kolesterol baik’.
  • Mengurangi tekanan darah.
  • Menurunkan berat badan.
  • Meningkatkan kekuatan, daya tahan, dan fleksibilitas.
  • Meningkatkan energi dan perasaan bahagia.

7. Rutin cek kesehatan

Mencegah lebih baik dari pada mengobati, oleh karenanya dianjurkan untuk monitoring kadar gula darah rutin. Cek kesehatan rutin ke dokter menjadi keharusan.



Baca juga : Habir Untuk Mengatasi Gangguan Sihir

Selain itu dapat dikontrol dengan obat alami seperti Habbatussauda ataupun daun bidara.

Karena didalam daun bidara terdapat zat glikemik rendah, yang mampu dan bisa menurunkan gula darah. sedangkan habbatussauda, Menurut penelitian dari Faculty of Medicine Jordan University of Science and Technology, Yodania, Habbatussauda,habbatssuda bisa menghambat Aktivitas enzim glukosa-6-phospatase. Ini adalah enzim yang berperan dalam metabolisme produksi gula di dalam darah. Jika enzim tersebut bisa dihentikan, maka kadar glukosa didalam darah pun akan menurun.

Habbatussauda efektif menurunkan kadar gula darah tinggi ke kadar normal dengan resep tradisional yang sudah teruji.

Resep nya yaitu gunakan 250 gr serbuk Habbatussauda kemudian tambahkan 50 gr myrrh, 150 gr biji tanaman rasyad (jenis tanaman berdaun pedas yang biasa digunakan lalap), 150 gr kulit jeruk. 150 gr akar kubis semua ditumbuk halus setelah dikeringkan terlebih dahulu, tambahkan garam 50 gr asafetida.

 

 

Baca juga : Manfaat Habbatussauda Untuk Turunkan Gula Darah

Habbatussauda ampuh mengobati berbagai macam penyakit, harga terjangkau, ampuh mengobati, habir ekstrak habbatussauda dan daun bidara